Rabu, 28 November 2007

Podcasting (Bagian kedua, terakhir).

title="Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia">border="0" src="http://www.mac.web.id/images/badges/badge03.png"
alt="Komunitas Pengguna Apple Macintosh Indonesia" />


Tahap ke tiga, siswa membuat Planning.
Di tahap ini siswa membuat rencana-rencana tindakan yang akan diambil (to-do-list atau action plan) dan pengaturan waktu (time plan atau journal). Dengan terlebih dahulu menganalisa kembali tahap-tahap sebelumnya. Misalnya, apakah ide-ide sudah dituangkan / di visualisasikan dengan lengkap di tahap Design? Apakah perlu melakukan perubahan? Apakah informasi yang sudah di dapat pada tahap Investigation sudah cukup lengkap?

Tahap ke empat, siswa mulai membuat produk (Creation).
Di tahap ini siswa bereksperimen menggunakan beragam software dan hardware yang di sarankan oleh guru untuk menghasilkan suatu produk yang diinginkan berdasarkan Design yang sudah mereka buat.
Siswa boleh menggunakan software dan hardware lain di luar yang disarankan tetapi mereka juga harus pikirkan bagaimana bila terjadi kesulitan atau kendala misalnya saja, siapa yang bisa ditanyakan / membantu untuk kendala tersebut.

Tahap ke lima (terakhir), siswa mengerjakan Evaluation.
Di tahap ini siswa menjawab beberapa pertanyaan yang sudah di set oleh guru sehubungan dengan produk yang dihasilkan dan menuliskan refleksi (student reflection).
Pertanyaan-pertanyaan tersebut seperti: apakah produk yang dihasilkan sudah menjawab pertanyaan pemicu yang tertulis di tahap awal (tahap Investigation)? Apakah sudah sesuai dengan Design dan dengan apa yang sudah mereka rencanakan di tahap Planning? Apakah produk yang dihasilkan bermanfaat bagi teman satu sekolah atau orang lain di luar sana? Sudahkah menanyakan komentar dan saran orang tua serta teman sekelas tentang produk yang sudah dihasilkan? Apa kelebihan dan kekurangannya? Apa saja yang perlu ditingkatkan untuk menghasilkan produk yang lebih baik lagi di masa yang akan datang? Dan seterusnya.



Tidak ada komentar: