Rabu, 21 November 2007

Podcasting (Bagian pertama).

Podcasting berasal dari kata iPod dan broad cast , iPod sejatinya adalah produk dari Apple iPod yaitu alat pemutar lagu/musik yang di dalamnya terdapat script yang memungkinkan mendownload secara otomatis bila penggunanya menhubungkan iPod tersebut dengan komputer melalui podcast yang ada di Internet. Podcast berarti media file digital atau kumpulan digital file sejenis yang didistribusikan atau disebarluaskan lewat Internet melalui sydicaton feeds untuk diputar pada media pemutar yang bisa dibawa-bawa (media portable player) atau komputer pribadi (from: http://en.wikipedia.org/wiki/Podcasting).
Gambar Ipodtouch ini adalah produk baru Apple iPod versi terbaru setelah iPod video, diambil dari: http://www.apple.com/ipodtouch/

Musik, sebagian besar orang di penjuru dunia suka musik dari yang sayup-sayup sampai ke telinga hingga yang hingar bingar. Alat yang dipakai untuk menimbulkan bunyi musikpun sangat beragam mulai dari yang tradisional hingga modern, dari yang sederhana hingga yang rumit dan kompleks.

Dunia musik semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan tehnologi yang semakin memudahkan orang untuk menikmati musik yang disukainya. Ada yang menikmati musik lewat TV, Radio, CD, DVD dan MP3 player bahkan iPod.

Dua alat terakhir dari yang disebutkan diatas sempat menjadi trend dan digemari banyak orang termasuk siswa siswi disekolah kami. Istilah Podcasting tentunya sangat menarik bagi mereka, sebab mereka dan kita semua suka musik.

Mengamati trend tersebut saya dan koordinator fakultas bidang IT mencoba mendiskusikan perihal tadi untuk dikemas kedalam suatu pembelajaran. Akhirnya kata sepakat terjadi. Selanjutnya saya tuangkan dalam proyek kelas yang mengikuti sistematika kerja dengan menggunakan metode lima langkah Design Cycle yang saling terhubung erat satu sama lain yaitu:
Investigation, Design, Planning, Creation dan Evaluation.


Lembar kerja siswa diberikan oleh guru dalam bentuk folder elektonik template yang berformat halaman web (HTML) yang bisa di download oleh para siswa melalui Intranet sekolah. Kami sebut folder template tersebut denga nama MYPtemplate. Siswa harus menambahkan nama dan kelas mereka tepat setelah/diakhir nama folder MYPtemplate tadi dan disimpan kedalam directory siswa di dalam server sekolah. Selama proses pengerjaan proyek kelas siswa memperharui isi dari lembar kerja tersebut.

Pada tahap pertama (
Investigation), siswa mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pemicu (tugas yang diberikan guru yang berfungsi untuk mengarahkan tujuan yang hendak dicapai) dari Internet, Perpustakaan sekolah dan media lainnya.
Pertanyaan-pertanyaan pemicu tersebut antara lain:


  1. Bagaimanakah caranya yang efektif agar saya bisa menghasilkan produk Podcasting dengan menggunakan sofware audio editing?
  2. Bagaimanakah suara digital dibuat?
  3. Berformat apakah suara digital yang umum digunakan orang?
  4. Bagaimanakah cara kerja pengompresian suara digital?
  5. Berformat apakah file suara digital yang baik untuk saya?
  6. Software apa yang bisa dipakai untuk memanipulasi suara digital?
  7. Dengan cara apa saja yang bisa digunakan untuk memanipulsai suara digital?
Pertanyan-pertanyaan diatas bukan harga mati melainkan bisa disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kebutuhan yang ada.

Tahap ke dua, siswa membuat
Design atas produk yang akan dibuat. Dalam hal ini siswa membuat dua ide gambar sketsa yang berbeda satu sama lain, gambar sketsa tesebut merupakan visualisasi mind mapping ide dasar siswa. Akan seperti apa bentuk atau tampilan dari produk yang akan dibuat disinilah siswa bisa mencurahkannya, kemudian menulis penjelasan secara proporsional keunggulan dan kelemahan masing-masing gambar sketsa tersebut. Selanjutnya siswa menentukan sketsa mana yang akan dipilih sebagai patokan atau panduan mereka untuk menghasilkan produk yang diinginkan.

Tidak ada komentar: